AriWibowoJinProperti.blogspot.com merupakan blog pribadi Ir. Ari Wibowo (AW Jin Properti) yang berisi tips trik seputar bisnis properti, yang disampaikan dengan humor namun serius.
Cari Artikel Menarik Disini
Jumat, 30 Juli 2010
Tips Properti ; GAJAH MENARI (differensiasi)
GAJAH MENARI
Differensiasi
Ada email masuk;
Suhu AW kemarin dlm workshop mengatakan bahwa guna menciptakan 'keunggulan kompetitif' ada 3 jurus, yaitu; COST LEADERSHIP, FOCUS, DIFFERENT. Tolong jelaskan soal DIFFERENT lebih detail, terutama aplikasinya secara riil ya suhu ...
Saya kirim jawaban seperti ini;
Kalau mau DIFFERENT, ada 2 macam, yaitu; Differensiasi secara konseptual alias thematic saja. Sifatnya INTANGIBLE. Tak ada benefit secara langsung kepada konsumen. Tapi mempu menciptakan awareness yang lebih kuat saat launching.
Misal; Namai saja proyek anda GAJAH MENARI RESIDENCE. Disingkat GMR. Unik bukan? Bikin yang dengar akan nyengir kuda. Tapi percayalah nama itu langsung nyangkut di benak konsumen.
Apa filosofinya? Gajah adalah simbol binatang suci, simbol keagungan. Gajah juga simbol mahluk sosial, karena kemana mana selalu beriringan dengan kelompoknya. Tak ada gajah berkeliaran sendirian, karena mereka tidak individual.
Jika Gajah Duduk saja (merk sarung) sudah sukses, apalagi kalau gajahnya mau menari, hahaha .....
Yang kedua, dan mungkin ini yang akan mengena, berikanlah different yang memberi benefit (manfaat) langsung ke konsumen. Sifatnya TANGIBLE. Misal; jika di daerah anda tak ada perumahan mini cluster yang berani menyediakan kolam renang, maka saran saya berikan saja kolam renang untuk menjadi magnet.
Tidak mahal kok membangun kolam renang. Ini perinciannya;
- Kolam renang kedalaman 120 cm (incl water treatmentnya) = 6 x 15 x 3.000.000 = 270 jt
- Pool deck = 140 x 500.000 = 70 jt
- Ruang bilas dan ganti = 30 jt
- Pagar keliling dan lansekap = 50 jt.
TOTAL = 420 jt.
Jika luas lahan kita kisaran 2 ha, maka beban per m2 lahan efektif untuk membangun kolam renang ini kisaran 35.000/m2 saja. Tidak signifikan dibanding benefit yang diperoleh. Yang penting kita menciptakan DIFFERENT yang memberikan keunggulan kompetitif atas pesaing.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.