PRODUK INOVATIF
3 tahun yang lalu saya menulis ramalan tentang Limbad, bahwa
jika dia tidak mengubah style dan perform nya, maka popularitas dia akan
menurun dan digilas oleh pesohor dan artis baru yang terus bermunculan dengan
daya tarik yang baru di mata pemirsanya.
Coba anda bertanya, berapa kali dalam 3 bulan terakhir anda
lihat Limbad muncul di TV? Saya malah tak pernah melihatnya hampir setahun.
Publik sudah bosan lihat Limbad makan beling atau menarik truk
pakai rambutnya. Itu memang hebat dan menarik, tapi kita sudah pernah
menyaksikannya.
Sebuah produk memiliki daur hidupnya. Dulu di phase
INTRODUCTION, kita semua sangat heboh lihat gaya dan aksinya. Saat memasuki
phase GROWTH, semua orang di republik ini mungkin mengenal sosok Limbad dengan
rambut gembelnya.
Waktu terus berlalu, pesaing di bisnis entertaint terus
bermunculan. Limbad sudah memasuki phase MATURITY menjelang DECLINE. Jika dia
tidak menerapkan strategi PRODUCT INOVATIF dengan mengubah gaya rambutnya, atau
tetap ikuti kata dukunnya supaya tidak bicara didepan kamera, katakan goodbye
kepada mister Limbad. Anda akan ditinggalkan industri entertaint yang kejam.
Perlahan tapi pasti anda akan dilupakan publik.
Cobalah ubah gaya rambut anda. Kalau perlu klimis ala Dedy
Corbuzer. Atau keluarkan suara anda. Logat ngapak-ngapak ala Tegal yang anda
miliki, itu punya pesona menarik. Publik bakal suka jika mendadak Limbad
ngomong ngapak di TV dan bicara tentang mercon atau buka puasa.
Sobat bisnis, apapun bisnis anda, konsumen itu mudah bosan dan
selalu ingin hal yang baru. Tak harus ide dan konsep 100% baru. Sedikit inovasi
dan modifikasi, dikemas yang menarik, itu bisa dianggap konsumen sebagai produk
baru.
Di bisnis properti, mungkin anda pernah bikin rumah T36 model
Bagong yang dulu terjual 200 unit dalam setahun. Tapi itu 3 tahun yang lalu.
Jika saat ini anda mau merilis produk lagi, jangan tersandera oleh kesuksesan
masa lalu karena jaman berubah dan selera konsumen mengalami dinamika. Jangan
lagi rilis rumah T36 model Bagong, tapi buatlah model PETRUK yang lebih up to
date. Itu namanya PRODUK INOVATIF.
Itu kita pelajari di teori marketing saat membahas tentang LIFE
CYCLE PRODUCT (daur hidup produk) yg terbagi atas 4 phase yaitu ;
INTRODUCTION (perkenalan)
GROWTH (pertumbuhan)
MATURITY (kedewasaan)
DECLINE (penurunan)
GROWTH (pertumbuhan)
MATURITY (kedewasaan)
DECLINE (penurunan)