BETULKAH MERINTIS BISNIS PROPERTI SEBAGAI PENGEMBANG BENAR-BENAR GAMPANG??? Silahkan simak jawabannya disini : http://bukupengembangproperti.blogspot.com/2012/03/merintis-bisnis-properti-sebagai.html

Cari Artikel Menarik Disini

Senin, 03 Juli 2017

PENGIN TAHU AKTIVITAS PEBISNIS PROPERTI MODAL RECEHAN ??

AYO GOYANG DUMANG, BIAR HATI SENANG


SENIN Negosiasi dengan pemilik tanah 3600 m2 yang deal seharga 2M. Padahal sebulan sebelumnya bersikeras di angka 2,5M. Cukup bayar DP 400 jt lahan boleh dibalik nama. Sisanya diangsur 3x, bulan ke 6, ke 12 dan ke 18 sejak IMB terbit. Horeeeee ... Ini hot deal. Berikan tepuk tangan.

SELASA Ketemu pihak bank. Tunjukkan copy sertifikat, juga peta lokasi. Menanyakan apakah bisa kredit konstruksi secara perorangan. Dijawab bisa. Horeee ...

RABU Mengukur lahan, dimana pemilik tanah suami istri ikut hadir menunjukkan batas batas lahan. Pemilik tanah bertanya kapan mau ke notaris untuk AJB sekaligus bayar DP 400 jt. "Senin depan ya pak, soale minggu ini masih sibuk urusan internal ..." (padahal cuma ngeles karena hari Sabtu mau jumpai calon MPM untuk presentasi).

KAMIS  Gambar hasil ukur selesai. Langsung dibuatkan siteplan jadi 27 kavling. Mantap, efektif bisa 65%. IMB bisa diurus di kantor kecamatan.

JUMAT  Membuat Action Plan. Menghitung Kebutuhan Modal Kerja. Membuat Bisnis Plan.

SABTU  Ketemu MPM (Mitra Pemilik Modal). Menawarkan bisnis plan dengan keterangan "Dibutuhkan modal 1M, potensi laba 1,25M untuk pemodal, modal kembali bln ke 18, tutup buku bagi laba bln ke 24." Sambil menyedot rokok kreteknya, MPM menjawab, "Hajaaar saja bleh. Saya siap kucurkan 1M."
Sesudah itu MoU dengan investor ditanda tangani. Duit bisa dicairkan Senin.

MINGGU  Sambil nyanyi lagu Goyang Dumang di karaoke room menelpon pemilik tanah, "Besok Senin kita jumpa di notaris ya? Bawa SHM asli dan SPPT PBB 2017, datang ajak istri bawa KTP KK Surat Nikah."

SENIN  Pagi pagi ngecek saldo. Mantappp! Sudah ada 000.000.000 alias saldo 10 digit. Artinya investor sudah transfer uangnya. Bergegas ke notaris, menunggu pemilik tanah datang. Ditunggu 30, 60, 90 menit tak juga datang. Ditelpon tak juga diangkat. Setelah ditelpon 212x baru diangkat.
"Maaf pak, maaaaf ... Saya kepepet dikejar deadline bayar hutang. Minggu malam ada yang bawa tas kresek isi uang tunai 200 jt. Dan dia berani beli seharga 2,1M. Lebih tinggi 100jt dari penawaran bapak. Maaf saya jual ke dia saja yang saya anggap lebih pasti "
Lha bukannya saya sudah janji bayar 400 jt hari Senin ini?
"Maaf pak. Saya takut meleset, saya sungguh kepepet."
Bajinduuuuull, demi topan badai, orang koq goblok amat. Mau dibayar 400 jt malah dijual duluan ke pembeli lain. Gak komit nih orang.

PELAJARAN : Makanya deal jangan cuma lisan. Harus dibayar tanda jadi barang 2 jt atau 5 jt. Diikat dalam Surat Kesepakatan tertulis. Supaya tidak geser geser lagi. Harga sudah fix, cara bayar sudah fix. Tak lagi dijual ke peminat yang lain. Tak bisa batal. Kalau begini kan jadi malu pada investor yang sudah kirim duit 1M.
Mosok duit 1M buat karaoke semua?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis