BETULKAH MERINTIS BISNIS PROPERTI SEBAGAI PENGEMBANG BENAR-BENAR GAMPANG??? Silahkan simak jawabannya disini : http://bukupengembangproperti.blogspot.com/2012/03/merintis-bisnis-properti-sebagai.html

Cari Artikel Menarik Disini

Minggu, 17 Juni 2012

JUANCUUUK TENAN !!!

JUANCUUUK TENAN !!!
Menjual Sensasi Pedas


AriWibowoJinProperti.blogspot.com - Usai mengajar workshop di Surabaya, panitya penyelenggara mengajak saya makan malam. Saya diberi pertanyaan seperti ini; "Pak Ari suka sensasi pedas apa tidak?". Saya jawab suka banget sih tidak, tapi doyan dan siap mencoba.

Akhirnya saya dibawa ke SPH (Surabaya Plaza Hotel). Saya pikir mau diajak kuliner di warung-warung tepi jalan, ternyata justru masuk ke hotel berbintang. Kami masuk ke restorannya. Pengunjungnya ramai, dan kebanyakan datang berombongan. Anehnya, semua menyantap menu yang sama, yaitu nasi goreng. Padahal disitu menjual aneka menu.

Rupanya menu paling top markotop disitu bernama NASI GORENG JANCUK. Satu porsi nasi goreng jancuk seharga Rp 98.000.-, dimana wujudnya berupa nasi goreng 1 wajan (penggorengan) kecil yang bisa disantap 5-7 orang, ditambah 1 pot es teh manis. Lauknya cuma rajangan telur goreng dan kerupuk. Rasanya sungguh pedas sepedas-pedasnya, sehingga siapapun yang makan akan megap-megap kepedasan, lalu berteriak; "Jancuuuuuuk tenan .. !!".

Sungguh, sensasi pedasnya benar-benar spesial. Dijamin perut anda mules dan panas. Dan anehnya, justru sensasi pedas ini yang jadi keunggulan serta DIFFERENSIASI dari restoran di SPH (Surabaya Plaza Hotel) tadi. Aneh ya?

Sobat properti, usai makan terus terang saya berpikir kenapa nasi goreng yang pedasnya minta ampun dan bikin lidah kalang kabut seperti itu bisa ngetop? Apakah benar KONTENnya yang kuat? Atau justru KONTEKSnya yang lebih kuat? Kontennya nasi goreng. Konteksnya restoran di hotel berbintang.

Jika bayar Rp 98.000 bisa makan minum 7 orang di restoran hotel berbintang, pastilah ini 'konteks' yang luar biasa. Kursinya empuk, AC nya dingin, ruangannya nyaman.

Dan dari raut muka yang saya rekam dari para pengunjung, mereka makan kepedasan tapi sambil haha hihi dan mukanya cerah. Tak jarang saya dapat kesan bahwa diantara satu rombongan mereka, setidaknya ada 1 atau 2 orang yang baru pertama kali diajak makan disitu, dan diperkenalkan sensasi pedas nasi goreng jancuk. Keberhasilan ngerjain orang sampai megap-megap kepedasan rupanya menjadi keasyikan tersendiri.

Jadi nasi goreng jancuk adalah potret kesuksesan menjual produk kuliner dengan mengkombinasikan KONTEN sensasi pedas dengan KONTEKS tempat yang nyaman.

Sobat properti, pelajaran yang bisa kita tarik adalah bahwa sebuah produk yang memiliki sesuatu yang khas, sesuatu yang berbeda dibanding produk sejenis lainnya, niscaya akan mendapat kesan di benak konsumennya. Terkadang yang khas itu agak nyeleneh (unik), tapi jika memberi manfaat bagi konsumen, pasti akan disukai.

Dengan pertimbangan bahwa manusia di jaman socmed (social media) ini suka narsis, maka saya punya ide di setiap unit guest house GODHA INN yang disewakan kepada umum nanti akan saya buatkan zona khusus yang saya namai FOTO CORNER. Disitu ada meja mimbar kecil dengan balutan batu alam, dimana didepan meja mimbar ada tulisan seperti ini;

Aku ning YOGYA
Kowe ning ngendi?


Bahkan mungkin akan saya buat dalam 2 versi bahasa lainnya.

Gue di YOGYA
Lo dimana?

I'm in YOGYA Indonesia
Where are you?


Foto Corner akan saya desain unik dan menarik, sehingga akan menggoda setiap orang untuk berpotret ria disitu, dan kemudian menjadikan foto disitu sebagai Profil Picture di BB, atau meng-uploadnya di facebook, twitter dll.

Nah, tanpa sadar saat mereka berfoto di mimbar, belakang mimbar adalah logo besar GODHA INN yang mau tak mau akan ikut terekam gambarnya dan dipublikasi gratis kemana-mana. Ini ide yang sederhana, tapi jika direspon dengan baik oleh naluri narsis para pengunjung, niscaya sensasi foto corner ini akan menjadi differensiasi kuat dari GODHA INN.

Saya tidak kuatir menuliskan ide ini, dan nanti dicuri idenya serta lebih dahulu diimplementasikan oleh pihak lain. Karena saya memiliki mental berkelimpahan dan suka membagikan ide kepada banyak orang supaya bermanfaat.

Jadi KONTEKS yang kuat berupa guest house modern dengan kualitas setara hotel bintang 3 tetapi bertarif miring, yang dikombinasi dengan KONTEN kenyamanan ruangan serta hal-hal unik seperti Foto Corner adalah daya tarik yang akan menjadi andalan kami memasarkan GODHA INN kepada wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung di kota Yogyakarta.

Anda ingin memiliki Guest House 5 atau 7 kamar di GODHA INN Yogya? Hubungi saja ; 087832511888 / 087731057888 / 0817174301.

Ada refund uang muka 100% dan jaminan sewa 24 bulan dengan harga menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

ShareThis