INGAT HANTU INGAT KUNTILANAK
Positioning Di Benak Konsumen
AriWibowoJinProperti.blogspot.com - Ada banyak jenis hantu atau setan yang kita kenal. Ada tuyul yang kecil gundul dan telanjang. Ada hantu pocong yang terbungkus kain kafan dan kepalanya terikat. Ada banaspati yang tubuhnya berbalut api. Ada tengkorak yang berwujud rangkaian tulang belulang. Ada gendruwo yang mukanya menyeramkan dan acak-acakan serta giginya besar.
Tahukah anda hantu apa yang paling terkenal dan langsung hadir di benak manusia jika kita menyebut kata hantu? Jawabnya adalah; KUNTILANAK. Hasil survei terhadap ratusan responden (di Indonesia) menyebutkan bahwa ketika bicara soal hantu, otak kebanyakan orang akan memunculkan sosok perempuan bermuka pucat, berambut panjang tak beraturan, dan berbaju putih. Dan itu adalah sosok Kuntilanak.
Jadi bisa disimpulkan; bicara hantu sosok yang muncul di benak manusia adalah sosok kuntilanak. Tak pernah terjadi saat kita bicara hantu, bayangan yang muncul adalah pria berambut cepak dan bertindik, atau perempuan berambut poni dengan baju pink corak polka dot. Lazimnya bayangan manusia soal hantu sangat stereotip, yaitu; wanita, bermuka pucat, berambut panjang acak-acakan, jubah warna putih.
Ingat hantu ingat kuntilanak. Ingat kuntilanak ingat hantu. Memang jenis hantu bermacam-macam dan bukan hanya kuntilanak, tapi bicara hantu yang terbayang dan muncul di benak manusia (kebanyakan) adalah kuntilanak.
Sobat properti, jika produk properti anda adalah produk yang muncul di benak konsumen saat mereka mau membeli produk properti, maka bersyukurlah anda. Itu artinya tingkat awareness produk anda di benak konsumen sudah berada di stadium akut. Ingat properti ingat produk anda. Ingat produk anda ingat properti.
Bagaimanakah caranya anda bisa menanamkan brand produk properti anda di benak konsumen, kuncinya ada 2, yaitu;
1. BERBEDA
2. ADA DIMANA-MANA
Ad.1. BERBEDA
Artinya produk anda memiliki differensiasi. Ada sesuatu yang unik. Misal; namanya unik yaitu NJUR ASYIK PARK. Artinya perumahan di kota Cianjur yang asyik dan memiliki banyak taman (park). Nama yang easy spelling easy listening karena nyerempet-nyerempet dengan film Jurassic Park yang sangat terkenal itu.
Konsepnya adalah perumahan yang mengekspos banyak 'taman asyik' sebagai benefit unggulan yang ditawarkan kepada konsumen. Lebih dari sekedar taman biasa yang lazimnya ada di sebuah perumahan. Lansekap dijadikan pembeda dengan kompetitor, sehingga terjadi keunggulan kompetitif.
Ad.2. ADA DIMANA MANA
Jika produk anda memiliki benefit yang lebih baik dibanding kompetitor, maka benefit tersebut harus dikomunikasikan dan dipublikasikan kemana-mana. Sebarkan info mengenai benefit tersebut, sehinga info mengenai benefit tersebut ada dimana-mana. Tanpa diekspos dan dikomunikasikan ke konsumen, benefit yang dimiliki produk anda tak akan pernah menjadi keunggulan kompetitif. Deliver your product benefit to consument.
Sobat properti, secara sederhana ingin saya sampaikan bahwa supaya brand produk properti anda tertanam di benak (persepsi) konsumen, yang harus anda lakukan adalah; menciptakan benefit yang menjadi pembeda (differensiasi) atas pesaing anda, lalu komunikasikanlah dan sosialisasikanlah benefit itu ke publik supaya mereka tahu bahwa produk anda memiliki benefit yang tidak dimiliki para pesaing.
Dengan cara itu produk anda akan berada di benak konsumen. Seperti persepsi orang yang menempatkan sosok kuntilanak di urutan pertama saat kita menyebutkan hantu. Maka sungguh beruntungnya anda jika brand produk perumahan anda akan muncul di urutan #1 jika konsumen sedang berpikir mengenai produk perumahan.
Produk yang dikenal dengan baik oleh konsumen memiliki peluang sangat besar untuk dibeli oleh konsumen. Dan produk yang dikenal baik adalah produk yang tertanam di benak konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.