LOKASI MACET LUASAN BUNTET
Ciptakan Positioning Produk Anda
AriWibowoJinProperti.Blogspot.Com - Saya sangat tertarik dengan tagline baru yang sedang dikumandangkan oleh stasiun TV swasta TRANS TV, yaitu FRESH and FUN. Perasaan dulu-dulu saya sering nonton Trans TV tapi tak pernah melihat tagline tersebut. Jadi ini adalah RE-POSITIONING dari Trans TV. Meski Positioning lamanya berbunyi apa saya lupa. Atau memang belum pernah ada?
Trans TV sengaja mengekspos kalimat FRESH and FUN tersebut berulang kali, karena mereka sedang menanamkan sebuah persepsi baru di benak konsumen, bahwa acara-acara yang Trans TV tayangkan adalah acara yang segar (fresh) dan menghibur (fun). Berarti secara tak langsung Trans TV mendeklarasikan dirinya sebagai TV yang berorientasi ke tayangan hiburan.
Bandingkan dengan TV ONE yang punya positioning 'Terdepan Mengabarkan'. Nampak sekali TV One lebih berorientasi ke arah penyaji berita atau informasi. Positioning yang berbeda berarti juga menyasar segmen-target market yang berbeda.
Sobat properti, dalam dunia marketing kita mengenal POSITIONING dengan definisi; sebuah upaya memposisikan produk kita di benak konsumen. Dengan kata lain; sebuah upaya menanamkan persepsi pilihan kita ke benak konsumen. Kenapa pilihan kita? Karena kita sendirilah yang tahu benefit terbaik apa yang dimiliki produk kita, dan pantas dikomunikasikan ke konsumen karena memberi manfaat kepada mereka.
Jika bukan kita yang memilih positioning, bisa-bisa konsumen memilih persepsinya sendiri mengenai produk kita, dan yang ditakutkan apa yang dijadikan persepsi di benak mereka ternyata bukanlah the most benefit yang dimiliki produk kita.
Masih belum jelas? Ikuti ilustrasi sebuah proyek pembangunan Toko/Kios berikut ini.
Jika produk Toko/Kios kita memiliki beberapa kondisi eksisting sebagai berikut;
1. Luas Bangunan; 4 x 6 = 24 m2
2. Luas Tanah; 4 x 10 = 40 m2
3. Dekat alun-alun
4. Bersebelahan dengan pasar induk
5. Belakangnya ada makam keluarga
berukuran kecil 400 m2
6. Berada ditengah pemukiman padat
7. Down Payment 10%
Jika anda yang 'memilih' persepsi apa yang akan dikomunikasikan kepada konsumen, maka ada beberapa alternatif;
KAMI SIAPKAN TEMPATNYA, ANDA JALANKAN USAHANYA
LOKASI RAMAI, HARGA DAMAI
DP MINI, LABA MAXI
AYO BISNIS DI LOKASI STRATEGIS
Ada beberapa alternatif 'persepsi' yang akan anda komunikasikan ke benak konsumen. Jika misalnya anda kemudian memilih AYO BISNIS DI LOKASI STRATEGIS sebagai persepsi terbaik, maka jadikanlah itu sebagai POSITIONING produk anda. Positioning sering juga disebut sebagai Tagline atau Brand Promise.
Komunikasikanlah. Sosialisasikanlah. Publikasikanlah. Berusahalah agar positioning itu menancap di benak konsumen. Buatlah konsumen tahu bahwa anda menawarkan sebuah toko/kios yang bisa dijadikan tempat bisnis, dengan lokasi yang sangat stretegis. Jika pesan itu ditangkap oleh konsumen, maka peluang membuat konsumen tertarik dan kemudian menelpon minta informasi atau bahkan datang langsung ke kantor pemasaran sangatlah besar.
Bandingkan jika anda tidak memposisikan apapun produk anda, dan membiarkan mereka menarik persepsinya sendiri. Bisa-bisa berbunyi seperti ini;
KIOS SEMPIT DIDEKAT KUBURAN
LOKASI MACET LUASAN BUNTET
Celaka bukan kalau di otak konsumen yang terekam adalah persepsi seperti itu atas pilihan mereka sendiri? Makanya, tentukan Positioning produk anda, dan komunikasikanlah kepada konsumen. Supaya apa yang direkam di benak mereka adalah menurut persepsi anda, bukan persepsi mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.